✔ Kumpulan Kd (Kompetensi Dasar) Smp Edisi 2018 Kelas 7 Semester 1 (Format Doc) Untuk Pengisian E Rapor
KUMPULAN KD (KOMPETENSI DASAR) Sekolah Menengah Pertama EDISI 2018 KELAS 7 SEMESTER 1 (FORMAT DOC) UNTUK PENGISIAN E RAPOR |
KD (Komptenesi Dasar) SMP Edisi 2018 Semester 1 (Format Doc) Untuk Pengisian E RAPOR
KD Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:33 serta hadis terkait perihal menuntut ilmu |
3.2 | memahami Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait perihal ikhlas, sabar, dan pemaaf |
3.3 | memahami makna al-Asma‘u al-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir |
3.4 | memahami makna iktikad kepada malaikat menurut dalil naqli |
3.5 | memahami makna sikap jujur, amanah, dan istiqamah. |
3.6 | memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang bau tanah dan guru, dan tenggang rasa terhadap sesama |
3.7 | memahami ketentuan bersuci dari hadas besar menurut ketentuan syari’at Islam |
KD Keterampilan
4.1 | Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55:33 dengan tartil |
4.2 | membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 |
4.3 | menyajikan teladan sikap yang mencerminkan orang yang meneladani al- Asma‘u al-Husna: al-Alim, alKhabir, as-Sami, dan al-Bashir |
4.4 | menyajikan teladan sikap yang mencerminkan iktikad kepada malaikat Allah Swt. |
4.5 | menyajikan makna sikap jujur, amanah, dan istiqamah. |
4.6 | menyajikan makna hormat dan patuh kepada kedua orang bau tanah dan guru, dan tenggang rasa terhadap sesama |
4.7 | menyajikan cara bersuci dari hadas besar |
KD PPKn SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara |
3.2 | Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan |
3.3 | Menganalisis kesejarahan perumusan dan akreditasi undang-undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
KD Keterampilan
4.1 | Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara |
4.2 | Mengampanyekan sikap sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan |
4.3 | Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan akreditasi Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
KD Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Mengidentifikasi isu dalam teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca |
3.2 | Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca |
3.3 | Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar |
3.4 | Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar |
3.5 | Mengidentifikasi teks mekanisme perihal cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara menciptakan makanan khas daerah, dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar |
3.6 | Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme perihal cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara menciptakan makanan khas daerah, menciptakan cindera mata, dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar |
3.7 | Mengidentifikasi isu dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan |
3.8 | Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan |
Keterampilan
4.1 | Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca |
4.2 | Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi perihal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan ekspresi dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara ekspresi dan tulis |
4.3 | Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca |
4.4 | Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk dongeng fantasi secara ekspresi dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa |
4.5 | Menyimpulkan isi teks mekanisme perihal cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik / tarian daerah, cara menciptakan makanan khas tempat dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar |
4.6 | Menyajikan data rangkaian acara ke dalam bentuk teks mekanisme (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara menciptakan cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara ekspresi dan tulis |
4.7 | Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar |
4.8 | Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara ekspresi dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
KD Matematika SMP Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bundar (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
3.2 | menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung bilangan bundar dan pecahan dengan memanfaatkan banyak sekali sifat operasi |
3.3 | menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bundar nyata dan negatif |
3.4 | menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, embel-embel himpunan dan melaksanakan operasi biner pada himpunan menggunakan dilema kontekstual |
3.5 | menjelaskan bentuk aljabar dan melaksanakan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) |
3.6 | menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya |
KD Keterampilan
4.1 | menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bundar dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
4.2 | menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bundar dan pecahan |
4.3 | menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bundar nyata dan negatif |
4.4 | menyelesaikan dilema kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, embel-embel himpunan dan operasi biner pada himpunan |
4.5 | menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar |
4.6 | menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel |
KD IPA Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Menerapkan konsep pengukuran banyak sekali besaran dengan menggunaan satuan standar (baku) |
3.2 | Mengklasifikas ikan makhluk hidup dan benda menurut karakteristik yang diamati |
3.3 | Menjelaskankonsep adonan dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan seharihari |
3.4 | Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu badan pada insan dan hewan |
3.5 | Menganalisis konsep energi, banyak sekali sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan seharihari termasuk fotosintesis |
3.6 | Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organism dan komposisi utama penyusun sel |
KD Keterampilan
4.1 | Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan bendabenda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku |
4.2 | Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar menurut karakteristik yang diamati |
4.3 | Menyajikan hasil penyelidikan atau karya perihal sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran |
4.4 | Melakukan percobaan untuk memeriksa dampak kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor |
4.5 | Menyajikan hasil percobaan perihal perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis |
4.6 | Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan |
KD IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, tanaman dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan insan dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan |
3.2 | menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya |
KD Keterampilan
4.1 | menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, tanaman dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan insan Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan |
4.2 | menyajikan hasil analisis perihal interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya |
KD Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
3.2 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta isu terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait korelasi keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive) |
3.3 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta isu terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal) |
3.4 | mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta isu terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang erat dengan kehidupan siswa seharihari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular) |
KD Keterampilan
4.1 | menyusun teks interaksi interpersonal ekspresi dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.2 | menyusun teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta isu terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.3 | menyusun teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta isu terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.4 | menyusun teks interaksi transaksional ekspresi dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta isu terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang erat dengan kehidupan siswa seharihari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
KD Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami unsur, prinsip, teknik dan mekanisme menggambar flora, fauna dan alam benda dengan banyak sekali bahan |
3.2 | memahami prinsip dan mekanisme menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
3.3 | memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi buatan |
3.4 | memahami mekanisme penerapan ragam hias pada materi alam |
KD Keterampilan
4.1 | menggambar flora, fauna, dan alam benda |
4.2 | menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias |
4.3 | membuat karya dengan banyak sekali motif ragam hias pada materi buatan |
4.4 | membuat karya dengan banyak sekali motif ragam hias pada materi alam |
KD Penjasorkes Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | Memahami gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.*) |
3.2 | Memahami gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.*) |
3.3 | Memahami gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional.*) |
3.4 | Memahami gerak spesifik seni beladiri. **) |
3.5 | Memahami konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi badan dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya |
KD Keterampilan
4.1 | Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.*) |
4.2 | Mempraktikkan gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional.*) |
4.3 | Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional.*) |
4.4 | Mempraktikkan gerak spesifik seni beladiri.**) |
4.5 | Mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) dan pengukuran hasilnya |
KD Prakarya Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Semester 1
KD Pengetahuan
3.1 | memahami pengetahuan perihal jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan tekstil |
3.2 | memahami pengetahuan perihal prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari materi serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif |
3.3 | memahami pengetahuan perihal jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran |
3.4 | memahami pengetahuan perihal prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari materi kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif |
KD Keterampilan
4.1 | memilih jenis materi dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi tempat setempat (misalnya rumput / ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain) |
4.2 | merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari materi serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi tempat setempat (misalnya rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain) |
4.3 | memilih jenis materi dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan potensi tempat setempat |
4.4 | merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari materi kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi tempat setempat |
Belum ada Komentar untuk "✔ Kumpulan Kd (Kompetensi Dasar) Smp Edisi 2018 Kelas 7 Semester 1 (Format Doc) Untuk Pengisian E Rapor"
Posting Komentar